February 4, 2009

Indonesia Luas dan Kaya namun Rapuh

Melihat gambar Peta Indonesia di posting sebelumnya mengingatkan saya akan Peta Perjalanan yang saya buat dan update setiap kali selesai melakukan perjalanan dinas keluar kota.


Saya melihat bahwa Indonesia memang Kaya akan keanekaragaman suku, budaya, kekayaan alam , dll. Namun saya juga melihat bahwa keanekaragaman itu kadang mudah dirapuhkan oleh hal-hal yang semestinya menjadi pemersatu. Dari setiap daerah yang dikunjungi tidak pernah tidak terlihat spanduk kampanye, baik dari pemilihan lurah hingga gubernur dan Caleg. Begitu luas terasa euforia pesta Demokrasi Rakyat yang didengung-dengungkan oleh Kalangan Barat sebagai sistem kepemimpinan terbaik. Namun anda sendiri bisa menilai dari berita-berita kericuhan yang sering terjadi dalam masa kampanye, belum lagi pertentangan dari Bupati dan Gubernur karena sudah merasa menjadi Raja Kecil disetiap wilayahnya. Mudah-mudahan kebebasan berdemokrasi ini tidak sebagai perulangan politik Devide et Impera yang telah sukses dijalankan Belanda hingga 3.5 abad lamanya.
Oh iya...ada satu yang sangat saya syukuri..dimanapun saya berada pasti saya menemukan Rumah Makan Padang ..he..he...

.

0 Isi Komentar:

Post a Comment