February 4, 2009

TOEFL

Hari ini tidak ada meeting, tidak ada analisa AFE, tidak ada wawancara Katek Tambang, tidak ada ..pokonya hal-hal yang menguras otak dan pikiran, sehingga saya bisa isi dengan belajar dan share apa yang pernah saya dapatkan dan alami dalam blog ini.

TOEFL,
saya dapat kabar ada alumni Teknik Unand yang telah mengikuti test di BPMIGAS hingga selesai tahap test TOEFL, saya berharap bisa lulus dan menemani kesendirian saya disini.

Berikut tips-tips sederhana :

1. Wajib memiliki/ minjam buku TOEFL beserta kasetnya.

Berdasarkan pengalaman test Toefl yang disini mereka menggunakan konsultan LIA/LBA. Dari soal-soal yang diberikan sebenarnya masih lebih sederhana dibandingkan buku BARON/TOEFL. Jadi memiliki buku ini cukup membantu.
2. Untuk waktu yang singkat tidak mungkin membaca keseluruhan teori di buku toefl ini, cukup anda kerjakan seluruh latian yang ada misal ada 8 contoh latihan lengkap dari struktur , vocab, reading , listening. Anda kerjakan 3 kali berturut-turut tanpa melihat kunci.
3. Cocokkan jawaban anda dengan kunci.
4. Hitung skor betul dan salah anda (hitung juga persentasenya)
5. anda lihat bagian mana yang sering salah dan betul.
6. dari penilaian anda itu dan melihat hasil koreksi anda bisa meliihat kekurangan anda, untuk kelebihan anda (misal tidak pernah salah) maka anda tidak usah mempelajari teorinya, namun untuk yang salah anda wajib mempelajarinya.
7. Setelah anda selesai belajar, anda ulang lagi mengerjakan soal yang sama sebanyak 2 atau 3 kali , anda nilai dan lihat kembai dimana kekurangan anda .
8. anda ulangi sampai kira-kira skor anda telah mencapai 70%
9. bagi bagian yang sudah mencapai 70% atau lebih , misal reading , anda tidak usah mengulangi mengerjakan soalnya.
10. Jika bagian tersulit misal Grammar/struktur, skor anda terus rendah misal 50% dan 60%, jika tidak mungkin lagi anda optimisasi, anda harus meng-optimalkan bagian yang lain yang masih anda rasa mampu tingkatkan untuk ditingkatkan demi menutupi skor bagian lain yang rendah.
So ....good luck.
oh ita terakhir ..hati-hati pakai pensil 2B

1 comment: