October 20, 2008

tambahan tips

Hari ini kossooongg…kerjaan sedikit ..gampang disabet,
Tulisan ini saya buat sebagai tulisan terakhir untuk minggu ini, kita akan bertemu kembali di minggu depan, ada panggilan tugas selama seminggu di daratan sulawesi, kita akan melakukan audit terhadap persiapan kerja survey dan seismic 2D yang akan dilakukan oleh sebuah K3S (kontraktor kerja sama), untuk itu selamat menikmati blog ini dan ketemu minggu depan.
Tambahan mengenai Lamaran kerja..
Rata-rata Oil&Gas Company menerapkan policy harus mempunyai IPK > 2.75 dan mayoritas malahan > 3.00 untuk rekrutannya, dan biasanya juga perekrutan dilakukan di Universitas-Universitas “Top” di Indonesia. Tidak salah memang jaringan alumni universitas “top” di Oil dan Gas Company sudah begitu kuatnya, untuk itu sebagai alumni FTUA kita harus mempunyai trik-trik khusus agar dapat masuk ke dunia Oil dan Gas.
Jika anda Fresh Graduate berikut tip saya, tips tips ini didapat dari pengalaman pribadi dan juga pengalaman rekan-rekan saya yang sudah dan baru memulai menapaki dunia oil dan gas, alhamdulillah yang mengikuti tips ini sudah sukses semua hingga ke negeri orang,
1. Buat CV yang bagus
2. Beli 2 atau 3 macam model buku Test Potensi Akademik dan Psikologi
3. Beli 1 buah buku Toefl (baron)
4. Latih gaya wawancara

Fokus akan Keinginan anda dan ulang-ulanglah proses kejadiannya.
Lamarlah perusahaan yang anda inginkan, jangan asal sebar lamaran sebanyak-banyaknya sehingga anda sendiri sudah lupa berapa lamaran yang sudah anda kirim, watu fresh dulu saya menerapkan cara ini, saya hanya melamar perusahaan yang saya inginkan saja, saya hanya tertarik posisi Engineer, sehingga total 12 lamaran saja yang pernah saya kirim, setiap lamaran saya ketik rapih, setiap CV tertulis rapih dan enak dibaca, tidak foto copyan, alhamdulillah semua lamaran diterima hingga 6-7 lamaran test hingga user, dan terakhir di Epson saya terima.
Kemudian lanjut ke oil dan gas, persiapkan belajar TPA dan Toefl min. 1 jam per hari semenjak anda mengirimkan CV, rata-rata orang hanya mulai belajar ketika sudah datang panggilan via telpon, padahal waktu panggilan dengan waktu kehadiran kita diminta kadang hanya kurang dari 3 hari saja, sehingga kita tidak punya persiapan lagi. Padahal kalau sudah kita persiapkan dari semenjak mengirim lamaran , rata-rata akan memerlukan waktu 2 atau 3 minggu hingga waktu test, toh tak ada salahnya belajar duluan. Secara hukum daya tarik menarik seperti yang pernah tenar di buku “The Secret”. Anda harus memperkuat selalu keinginan anda ketika menginginkan sesuatu, dimulai dari membuat lamaran anda telah mencetus api keinginan anda otomatis secara pikiran anda telah mengirimkan sinyal pikiran anda ke HR manager perusahaan yang akan anda lamar namun sinyal itu belum begitu kuat, anda harus memperkuat keinginan anda, anda harus tetap fokus terhadap lamaran anda , dengan anda belajar setiap hari bukan hanya anda telah mempersiapkan diri anda namun anda tetap akan menjaga link pikiran anda ke HR manager anda yang saya yakin akan mulai mempengaruhi dia ketika membaca CV anda untuk memanggil anda. Dengan bantuan doa-doa anda juga membantu “link” tersebut. Jangan pikirkan Cv anda bakalan dibaca atau tidak, istilahnya mengharapkan orang lain bertindak dengan keinginan anda, namun buatlah orang bertindak atas keinginan anda, semakin anda belajar , Allah akan melihat keseriusan anda dan akan menggerakkan tangan sang HR manager untuk memanggil anda ikut Test.
Tidak Percaya dengan kekuatan pikiran ini ? …
OK, contoh 1. Sewaktu muda dulu, (ciee..udah tua ya.) Pernahkah anda memikirkan pacar anda dengan kerinduan mendalam, kemudian tiba-tiba dia menelpon ….ini bukan kebetulan, pikiran anda secara tidak sadar telah menyentuh pikiran pacar anda. Tapi ini bukan keinginan sesaat. Ingat utamakan ke PROSES. Proses yang berulang-ulang, tidak serta merta anda memikirkan kemudian muncul, bisa jadi kalau kita lihat ke contoh pacar tadi , sudah berhari-hari susah makan saking Rindunya baru kejadian di telpon.
Biarkan keinginan itu sampai menyentuh keinginan bawah sadar anda dan bukan hanya sekedar keinginan iseng.
Sekarang coba anda analisa kebelakang …lihat latar belakang setiap keinginan anda yang terpenuhi atau yang tidak ..apakah anda sudah sungguh-sungguh dengan keinginan anda.

Benarkah anda menginginkan dan menyenangi pekerjaan yang anda lamar.
Anda juga pasti pernah , dengan fokus menyenangi suatu mata pelajaran, ternyata anda telah menambah energi tambahan pada diri anda untuk dapat mempelajari dan lulus bagus pada mata pelajaran tersebut. Ingat suka itu relatif ..jika anda suka dengan sesuatu namun tidak berusaha keras untuk mengusahakannya maka …nyaris tak akan terpenuhi ..jika anda suka ..maka anda harus ingin…jika ingin ..anda harus berusaha …, think about the PROCESS..not the result, jika anda sibuk memikirkan ..kapan dipanggil ?..atau dipanggil atau tidak ya …? ,maka itu hanyalah menghabiskan waktu saja, anda harus belajar, mempersiapkannya ..dan panggilan itu Insya Allah akan datang..
Saya ingat tahun 1994 dapat kabar baru kalau dosen killer dari Jerman datang, serta merta satu angkatan stress bahkan satu kampus, saya double stress wong yang pinter-pinter saja stress apalagi saya yang saat itu saja sudah ip 2.00, akhirnya memang iya , sem. Ke dua langsung drop jadi 1.6 , dengan tambahan nilai E pada dosen tersebut. Wow tinggal terima surat DO saja dari Dekanat. Sejak itu sayab berputar haluan, saya coba menyenagi pelajaran tersebut, saya coba menyenangi Dosen tersebut, saya kunjungi labornya, lihat kondisi mahasiswanya, saya beli buku ASLI, (nb: ini satu-satunya buku asli yang saya beli di toko, karena buku sya banyak copy an dan emang sedikit). Seluruh soal di buku saya lahab habis, saya kerjakan sampai 2 X , menghabiskan 1 buah buku pembukuan anak SMA, kemudian saya ngomong ke Dosen agar saya bisa magang sembari mengetik diktat, ) alhasil, karena keinginan kuat itu maka dihasil semester saya dapat nilai B berdua dengan rekan saya yang lain, sekitar 100 orang mahasiswa lainnya dapat nilai D dan E (bangga ni yee…), bisa dikatakan buku Meriem Statika Struktur itu sudah diluar kepala saya, apapun soalnya bisa saya kerjakan. Ingat, jika ingin sukses dengarkan saja yang baik-baik saja dari orang jangan hiraukan keluh kesah orang lain.
Nah kembali ke pekerjaan, yakinkan dan fokus lah dengan keinginan, hal ini saya ulang lagi di tahun 2006 ketika tingkat kebosanan sudah tinggi, saya resign dan kemudian beralih ke Oil & Gas, saya sudah menginginkan pindah ke oil dan gas sejak tahun 2002, namun karena kondisi nyaman saya menganggap lamaran saya hanya iseng saja, dan memang tidak ada yang terpanggil. Prakteknya sama, harus ber-darah-darah dulu, memulai merangkak dari bawah, belajar sebanyak-banyaknya dll. (saya tidak menyuruh alumni resain , hanya saja timbulkan dari pribadi anda masi
3. Tentang TPA dan Psykologi, memang malas sekali kalau mengerjakan soal-soalnya, namun kerjakan saja, semakin sering dikerjakan semakin hapal diluar kepala, khusus Toefl , anda kalau bisa membeli Toefl yang lebih tinggi levelnya, semisal jika anda test toefl di LIA/LBA jakarta kalau ndak salah gedungnya Orange, maka anda akan dapat mengerjakan soal nya dengan mudah jika ada belajar melalui buku Toefl Baron,
Pada hari test, jika masih tahap tertulis, usahakan memakai baju rapi dan santai tidak usah terlampau formal, dan tidak usahlah mengobrol dengan orang lain, datanglah 10 menit sebelum test. Kenapa ?
Tujuannya agar anda bisa konsentrasi kalau anda mau test, bukan mau belagak cakep ama cewek-cewek yang sama-sama melamar, atau belagak anda berpakaian executive muda dengan dasi dan sepatu mengkilat, atau belagak cerita sana sini, santai aja … jangan sampai hal remeh temeh tersebut mengacaukan pikiran anda, bisa saja nanti semnagat anda yang sudah “45” anda “DOWN” karena lagak cerita orang lain, ingat bakalan banyak cerita dari orang lain ..yang bilang test untuk iseng lah ….yang hanya nguji kemampuan lah ..ingat , kita sama-sama butuh tidak ada yang namanya iseng kalau urusan ngelamar pekerjaan.
OK mengenai detail isi test bisa dilihat di panduan masing-masing buku TPA dan psikologi. Demikian juga toefl.
Nah soal wawancara …saya sudah membahasnya sehingga tidak perlu dibahas lagi ….

Buat anda yang sudah berpengalaman kerja yang lain, berikut saran-saran saya, memang agak berat namun jika anda yakin bisa dicobakan,

1. Pastikan bahwa anda memang ingin berubah ..
2. Pastikan sekali lagi anda memang ingin berubah ..
3. Yakin ?,,…kalau anda yakin lanjut…
4. Tips 1 s/d 3 saya sadur dari sebuah buku entrepreneur , yang saya koleksi, pengarangnya Purdi E. Candra, isinya adalah memaksa orang untuk berubah menjadi seorang pengusaha, nah karena saya belum yakin untuk jadi pengusaha, yah …saya putar dulu ..untuk dapat bekerja di Oil dan Gas

5. Persiapkan tabungan untuk hidup 6 bulan atau setahun, tabungan ini bisa dipakai nantinya jika anda resain atau yang lebih amannya, anda melamar diperusahaan minyak kecil yang gajinya sepertiga dari sekarang, nah …tabungan anda bisa nutupin keperluan yang kurang selama makan gaji yang kecil

6. Jika anda melamar jadi Inspektor, tambah lagi dana untuk Certification welding inspektor atau NDT, ketika ikut training cari kenalan sebanyak-banyaknya, urusan belajar materi kursus ..gampang , saya yakin anak UNAND bisa ngatasinnya. Certificate ISO 9001:2000 adalah certificate ampuh juga.

7. Jika jadi Engineer (planner, Project Eng, Piping Eng, dll) anda tidak perlu training tapi cukup belajar software design (alumni banyak yang punya software ini).

8. BATAM adalah tempat favorite untuk memulai banyak perusahaan perusahaan oil dan gas yang pekerjanya seliweran ganti-ganti terus sehingga anda bisa masuk dengan tawaran gaji yang lebih rendah.

9. Cara melamar dan CV saya sudah buat sebelum ini, hanya tambahan di fokus keinginan dan keyakinan sama dengan penjelasan item pada fresh graduate.

10. Siapkan mental anda , bahwa untuk tahun-tahun ini, anda akan digaji dengan rate basic 1 jt an dan allowance , total dengan lembur 2.5 jt s/d 3 jt, padahal total itu adalah basic anda jika sudah bekerja 3 th atau lebih pada saat ini. Jangan khwatir di Oil dan Gas dalam 3 tahun anda bisa mencapai lebih dari 10X lipat dari basic gaji awal anda, sudah banyak alumni batam yang membuktikan itu dengan bekerja di Singapore..

11. Dalam 2 atau 3 tahun saya yakin anda sudah bisa melamar dan bekerja di Singapore ,..selanjutnya terserah anda ..

Ok demikian dulu update blog ini, masukan / kritikan dan pertanyaan dipersilahkan.

wassalam


1 comment: