October 31, 2008

Seismic



Melanjutkan posting sebelumnya tentang seismic, berikut ini adalah gambaran di lapangan ketika kegiatan survey dan seismic dilakukan. Sulawesi adalah daerah salah satu daerah tujuan survey dan seismic di Indonesia. Kemarin penulis melakukan kegiatan audit kegiatan survey 2D di sulawesi barat.

Perjalanan dimulai dengan penerbangan menuju Makassar selama 2 jam, kemudian dilanjutkan ke provinsi SulBar tersebut selama 1 jam dengan pesawat kecil. Perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan darat ke base camp yang berada ditengah-tengah jalur survey. keesokan harinya audit dilakukan terhadapt HSE dan proses recording, drilling, dll semua kegiatan suervey. Selanjutnya pada hari ketiga perjalanan pulang diputuskan melalui Palu (Sulawesi tengah) dengan perjalanan darat 7 jam. Pada hari ke empat penulis kembali ke Jakarta.

Proses Recording dilakukan dalam truck yang memuat peralatan canggih untuk membuat peta seismic












Para staff dan leader kegiatan ini biasanya akan menyewa beberapa rumah penduduk sebagai site camp , namun bagi para pekerja yang bisa mencabai ribuan biasanya akan dibuatkan field camp yang sering bongkar pasang mengingat movablenya kegiatan dari para pekerja ini.







Memang sarjana teknik mesin , sipil, industri, elektro belum berperan penting di lapangan namun teknik lingkungan dapat bekerja sebagai HSE di pusat dalam mempersiapkan kaji lingkungan sebelum melakukan kegiatan survey.
terima kasih

0 Isi Komentar:

Post a Comment