October 13, 2008

Tips Awal

"kini wak pengen bana dapek share knowledge dari uda dengan pertanyaan yg intinyo samo n sedikit di modif:Apo kiat2nyo untuak bisa dapek karajo di perusahaan Oil and Gas?untuak info alvi kini bekerja di PT. RAPP Department Central Planning and Reliability"

Email diatas datang dari salah seorang alumni teknik Unand , sehari sesudah posting blog http://www.thejourney-journey.blogspot.com/, suatu pertanyaan yang bisa dikatakan mudah menjawab namun susah dalam pengaplikasiannya.
Hari ini muncul blog migasftua.blogspot.com, isi dari blog ini secara khusus akan berisi tentang hal-hal yang berbau Oil and Gas , termasuk lowongan, ilmu drilling, explorasi dll, mudah-mudahan kedepan akan membantu kita semua.

Menjawab pertanyaan diatas :

1. Fokus dengan bidang ilmu yang anda jalani sekarang
- jika dunia anda QA/QC maka jalur anda adalah Inspection, perbanyak ilmu inspeksi termasuk standar standar yang dipakai, kalau anda sekarang sudah didunia inspeksi namun bukan bidang oil dan gas / konstruksi minyak, maka anda bisa mulai dengan mengambil kursus welding inspektor , jika sudah selesai maka anda bisa mulai melamar menjadi Qa/QC namun diingat jangan membayangkan anda akan langsung menjadi Qa/Qc senior dengan gaji besar, pengalaman saya memulai dengan ZERO tanpa digaji, kemudian setelah 2 bulan pindah kerja ke perusahaan dengan gaji 1/3 dari gajiu terakhir saya di Muka kuning Batam.
Jika anda mechanical Engineer, maka fokuslah terus didunia ini, dengan pengalaman 5 tahun maka anda bisa melamar ke perusahaan oil and gas , anda harus menguasai Pompa, Kompressor, HVAC dll.

2. Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda, tidak perlu sampai Toefl (memang jika ada lebih bagus), yang penting jika anda berbicara dengan orang asing, orang asing itu mengerti dan anda juga mengerti apa yang mereka ucapkan
Ditempat saya berkerja sekarang saya lulus TPA, Test Physycologies dan TOEFL,
sebelum diterima seorang calon akan terbagi 3 group, (1). Diterima (2) Dipertimbangkan (3) Ditolak, status saya waktu itu adalah Dipertimbangkan, saya dipanggil pada urutan 32 dari 37 yang diterima, dengan hasil Dipertimbangkan untuk lulus karena nilai Toefl yang tinggi ..(wow I'm proud about my self) kalau tidak , sudah pasti saya tertendang.

Tentang Bahasa Inggris ini juga sudah pernah saya submit email ke alumni, bisa dikatakan 95% dari hasil diterima atau tidaknya seseorang bekerja di Oil dan Gas ketika wawancara adalah kemampuannya dalam berbahasa Inggris. dari 4 perusahaan minyak yang pernah saya masuki (AkerKvaerner, Petrotech, Nippon Steel) user saya cukup terkesan dengan converstation saya ..yang saya sendiri merasa masih belepotan angkatan baru sekarang sepertinya lebih bagus berbahasa inggris.

3. Jaringan, perbanyaklah jaringan anda , semakin banyak anda kenal seseorang maka semakin banyak info dan bantuan yang bisa anda dapatkan.

4. Berani bermimpi dan Berubah ...jika anda yakin maka terjadilah ..Kun Fayakun..

5. Tingkatkan Ibadah ke Allah SWT, dan ada tips untuk Ibadah ini
- Bersedekahlah

- Shalat hajat 2 rakaat (jika anda ingin sesuatu)
dan sebelum wawancara
- bacalah doa (kalau tidak salah) nabi Musa ketika akan menemui raja Fir'aun ( RabbishRahli Sadri Wa Yassirli Amri WahlulUqdatan Millisaani Yafqahoo Qauli.)
:"Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku. Mudahkanlah urusanku. Lepaskanlah kekakuan lidahku (gagap). Supaya mereka memahamiku

Demikian tips-tips umum, jika ada hal lain bisa ditanyakan lagi

2 comments:

  1. Assalamu'alaykum WW, Da Nof.

    Selamat da Nof atas di-lounched-nya blog migas FTUA ini. Tentunya sangat membantu bagi yg membutuhkan info "lebih" ttg migas. Meski sy tidak "menggeluti" (berkerja, red) di bidang migas, tapi blog ini dpt memberikan informasi terutama berkaitan dg regulasi migas di Indonesia khususnya. Berhubung kita jg membahas GSA dgn oil&gas company, dsb.

    Khusus untuk artikel "Tip Awal" ada sedikit koreksi. Sebelumnya mohon maaf. Koreksi yg sy maksud adalah do'a yg dibaca Nabi Musa AS tsb bukan ketika menghadapi Namruz tapi menghadapi Fir'aun La'natullah Alaih. Karena Namruz bukan dizaman nabi Musa AS tapi dizaman Nabi Ibrahim AS.

    Demikian, mohon maaf bila ada kekeliruan.

    Wassalam,
    Syauqi

    ReplyDelete
  2. tq.. udah dikoreksi yang ahli ...makanya diawal sudah mohon maaf duluan takut salah ..

    ReplyDelete